Kamis, 24 Maret 2011

Doa dan Keutamaannya

Perintah Dan keutamaan Berdoa
     
Allah SWT. berfirman dalam Q.S. Al Mukmin: 60) yang artinya:
      "Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Kuperkenankan bagimu.  Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah kepada-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina."
      
Selanjutnya Allah SWT. berfirman dalam Q.S. Al Isra': 110) yang artinya:
      "Katakanlah, "Serulah Allah atau serulah Ar Rahman.  Dengan nama yang mana saja kamu seru (adalah boleh) karena Dia mempunyai nama-nama yang terbaik."
      
Kemudian dalam Q.S. Ar Ra'du: 28) Allah SWT berfirman yang artinya:
      "(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah.  Ingatlah hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram."
      
Rasulullah SAW. bersabda, "Doa itu adalah otaknya ibadah." (H.R. Tirmidzi).
    
 Selanjutnya: "Barang siapa tidak (mau) berdoa kepada Allah, maka Allah murka kepadanya." (H.R. Ahmad).
      
Berikutnya: "Dari Abu Hurairah ra. bahwasanya Rasulullah SAW. bersabda, "Sedekat-dekat seorang hamba kepada Tuhannya adalah dikala ia sedang sujud, maka perbanyaklah berdoa." (H.R. Muslim).
      
Kemudian: "Hati itu adalah wadah, dan masing-masing lebih menjaga (menghapal) daripada yang lain.  Jika kamu sekalian memohon kepada Allah 'Azza wa Jalla maka mohonlah kepada-Nya dalam keadaan kamu yakin dikabulkan, karena Allah tidak mengabulkan doa seorang hamba yang berdoa dari hati yang lalai." (H.R. Ahmad).
       


2 komentar: